Wednesday 29 October 2014

Memaknai Sibuk Menurut Si Karung Goni

Iya masih bersama malam ini yang terasa segar oleh angin malam, mata juga kebetulan segar sehabis dipejamkan awal waktu tidak seperti biasanya. Ini tepatnya masih pukul 3 pagi namun tak perduli disebut apa manusia yang masih aktif jam segini. Bisa disebut SIBUK kah?

Bersamaku hanya ada suara Andy /Rif dialbum Radja 2010 mendendangkan hits lagunya Planet Kosong lewat situs http://www.deezer.com/artist/318794 . Seperti itulah juga Jurnal Skripsi pesanan teman-teman memanggil untuk dikerjakan secepatnya sebelum waktunya habis. Katanya mereka terlalu sibuk jika mengerjakannya sendiri, ada juga yang beralasan tidak mempunyai waktu (*24 jam tak cukup baginya) dan ada juga yang memesan dibuatka karena tidak mampu membuatnya sendiri. Sudahlah jangan hiraukan mungkin mereka saja yang mencari alasan untuk membuatku menjadi sama sibuk.

Sebelumnya apa benar gue ini sibuk ? apa benar seluruh rangkaian kegiatan gue ini bisa dibilang kesibukan ? Mari kita uraikan dari beberapa penjelasan dan definisi kata SIBUK berikut ini :

Banyak yang Dikerjakan

Sepertinya gak juga, dari mulai bangun pagi tadi gue cuma ngedit tampilan blog ini lewat arahan @Jungjawa melalui tweeter, buka warung depan rumah, buka email siapa tau ada lowongan kerja atau buka blog dan balesin koment-koment temen-temen. Gak nyampe setengah hari udah bisa dilihat hasilnya, tampilan blog gue jadi lebih simple dari yang kemaren, sayang belum gue anti sama banner yang sengaja dibuatin sama si Jung. Katanya sekarang mending pake banner gaya Typhograf gitu.

banner opini si karung goni by @jungjawa

Balik lagi pekerjaan banyak bukan berarti sibuk dan sibuk juga bukan berarti banyak kerjaan. Klo lo gak sanggup ngerjain semua kerjaan lo selama 1 hari yah lo bagi waktunya, diurut mana dulu yang harus didahuluin, nemuin pacar atau ngenterin ibulo ke pasar. Pilih resikonya, lo mau diputusi pacar atau mau dikutuk jadi batu. Itu aja sih simple kan.

"Maaf Yang, gak bisa jemput deh sibuk nganter si Ibu ke pasar beli adik baru." (resiko di putusin),
atau

"Maaf Bu, gak bisa nganter ke pasar hari ini, mau jemput pacar saya dulu." (resiko dikutuk jadi batu)

Giat dan Rajin

Bagaimana bisa Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI mendefinisikan arti SIBUK dengan dua kalimat ini. Mungkin hanya bisa dilihat dari tingkah laku orang yang sok sibuk. terkesan giat jika sibuk danterlihat rajin jika sibuk. Pantas banyak orang yang selalu membuat alasan sibuk ini agar lebih terlihat giat dan rajin. Klo begitu mari kita bersama-sama mulai sekarang mengganti peribahasa lama "Rajin Pangkal Pandai" menjadi "Rajin Pangkal Sibuk" jadi deh pada gak mau jadi orang pandai, takut dibilang sok sibuk.

Penuh dengan Kegiatan

Dan definisi yang terakhir inilah yang mungkin akan gue terima sementara. Orang sibuk penuh dengan kegiatan, tapi kegiatannya berkualitas tidak ? kegiatannya prioritas kah ? kegiatannya siapa juga yang minta ? klo lo sendiri yang minta kegiatan penuh, berarti lo sendiri dong membuat diri lo jadi orang sibuk. apa jangan-jangan lo kepengen banget dibilang Rajin dan Giat.

Tapi sudahlah, gue juga gak mau memaknai soal SIBUK ini sebagai sesuatu yang kurang baik, justru menurut gue sibuk itu baik, keren dan hebat. Tuhan memberi kita waktu 1 hari 24 jam lo manfaatin banget jadi hal yang berguna (walaupun porsi untuk diri sendiri lebih banyak). Ini berarti lo sukses jadi orang sibuk yang tidak menyia-nyiakan waktu yang diberi.

Duh sepertinya tulisan ini sudah ingin diakhiri, ambil saja baiknya *itu jga klo ada, dan silahkan koment bagi yang tidak sibuk. :D


14 comments:

  1. Sebenernya menurut gue sibuk itu saat semuanya berjalan. Iya berjalan. Saat semuanya sudah berjalan dan sudah mulai dikerjakan. Jika masih dalam wacana, sebanyak apapun wacana masih belum bisa dibilang sibuk :D

    It's on when it's on.

    Blognya udah mulai rapi nih. Tinggal pemanis di typography (tulisan aja). Kalo mau nggak polosan, layout background bisa dikasih tekstur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha berkat bimbingan lo nih Rif, ajarin lagi ya kelanjutannya :D klo lo ga SIBUK..

      Delete
  2. sibuk itu... kadang jadi mimpi dan harepan bagi sebagian orang. kalo lagi sibuk, ya syukuri aja deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bermimpi dan berharap agar jadi sibuk yah. ga kefikiran ada yang mau. Iya Syukuri masih diberi kegiatan positif yang menyibukkan untuk tidak berbuat yang tidak manfaat.

      Delete
  3. sibuk itu, asik menikmati kesibukan.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. asalkan jangan terlalu larut dalam kesibukan yah

      Delete
  4. Sibuk memberi manfaat lebih baik dari sibuk mencela orang lain, ^.^

    Lanjutkan sesuatu yang bermanfaatnya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali Mas, karena mencela hanya untuk orang lemah.

      Delete
  5. Aduh gue juga mau dong dibimbing ngubah tampilan blog (taulah tampilan gue masih template banget dan terlalu sederhana). Kalo kata bokap, satu-satunya orang sibuk adalah yang lagi ngehadapin sakaratul maut. Karena sibuk itu berarti lagi nggak bisa ngapa-ngapain. Nah orang yang uda mau mati, sibuk bangetlah nggak bisa mikirin macem-macem lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan follow @JungJawa gue dibimbing sama dia tuh. Sakaratul Maut yah, itu sih boro-boro mau mikir macem-macem, nafas aja susah.

      Delete
  6. Rajin Pangkal Sibuk? Enggak gitu juga sih. -_-
    Sibuk itu baik, keren, dan hebat? Iya, bisa gitu juga sih. Karena kita sendiri belum tentu juga bisa merasa sibuk beneran. Kadang kita ngerasa itu ngga sibuk tapi orang lain ngerasanya kitanya sibuk. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngomong opo... diputer-puter gitu :D

      Delete
    2. Silakan dibaca lagi saja daripada nanti saya ngomong lagi kamu anggap muter lagi. :D

      Delete
  7. Sibuk adalah melakukan banyak kegiatan yang membuahkan banyak manfaat :D

    ReplyDelete