Sunday 26 October 2014

5 Hal Yang Gak Seharusnya Dilakukan Di Tempat Umum

Tempat Umum adalah tempat dimana semua masyarakat siapa pun merasa memiliki dan mempunyai hak di sana. Kita gak bisa sembarangan dan seenak jidat berprilaku di tempat umum. Loh kenapa? katanya tempat umum berarti bebas dong...

Oke, akan coba gue jelaskan lagi soal Tempat umum, bisa kita sebut suatu tempat yang umumnya terdapat banyak orang dan berkumpul untuk melakukan suatu kegiatan, entah itu secara sementara maupun secara terus menerus dan baik membayar ataupun tidak membayar. Tempat umum juga dapat kita artikan sebagai sarana dan prasarana yang dibuat baik oleh pemerintah, swasta, atau perorangan yang digunakan untuk kegiatan bagi masyarakat.

Banyak kejadian yang sering kamu temukan di tempat umum, tentunya kejadian yang menurut kamu gak seharusnya dilakukan di tempat umum. Tulisan ini selain bertujuan mengisi beberapa hari kekosongan absensi ngeBlog juga diharapkan bisa menambah pengetahuan lo tentang tempat umum.

Berikut gue bakal ngebahas beberapa hal yang gak seharusnya dilakukan di tempat umum.

1. Menyusui di tempat umum

Ini antara urgent atau bukan sih, ibu-ibu sulit memilih jika dihadapkan dalam keadaan bayinya menangis kehausan atau menunggu tempat umum sepi agar bisa menyusui. Mau nyalahin bayinya gak mungkin, mau nyuruh orang untuk tidak melihat ibu yang sedang menyusui gak mungkin apalagi klo nyuruh ayahnya yang menyusui nambah gak mungkin. Solusi untuk si ibu agar tetap bisa menyusui anaknya ditempat umum adalah menyiapkan atau memeras ASI sebelum berpergian lalu menyimpannya ke botol atau dot.
Klo Bayinya Nangis ditempat umum mau gimana ? (sumber foto: Bayisehat.net)

2. Merokok di tempat umum
Hal paling menganggu bagi sebagian orang saat berada ditempat umum tentunya. Ini juga nih, gue bukan ngelarang yah, secara gue juga perokok asli. Tapi apa lo gak merasa bersalah gitu pas ngerokok didalem angkutan umum misalnya. Solusi buat pecandu rokok agar bisa merokok ditempat umum adalah, menghisap rokok tanpa mengeluarkan asap. TELEN AJA SEMUA.
Dukung gerakan #KerenTanpaRokok dan #CantikTanpaMakeUp (sumber foto: waspada.co.id)

3. Mabuk di tempat umum
Pernah maen monopoli ? pasti inget deh denda yang diberikan saat mabuk di muka umum. Begitu pun pada kehidupan nyata, mabuk dimuka umum sangat tidak diperbolehkan. Terlebih pengaruh alkohol yang dapat membuat si pelakunya berbuat nekad bahkan berbuat anarkis. Solusi untuk yang suka mabuk ditempat umum adalah minum Antimo sebelum berpergian. Oke sip dilempat botol.
Galau nih si mbak abis diputusin cowoknya (sumber foto: sidmi.com)
4. Buang sampah di tempat umum
Sampah tempatnya dimana ? ya di tong sampah lah, masa di Tong Sam Chong. Tapi kenapa masyarakat Indonesia masih banyak yang membuang sampah sembarangan, buang bekas botol minuman sembarangan, buang bungkus permen seenaknya, buang mantan sembarangan Ehh. Perduli sama lingkungan itu harus loh, kamu gak mau kan nanti sampah-sampah menjadi bencana dikemudian hari. Solusi buang sampah ditempat umum ialah sediakan kantong pelastik dari rumah jika malas bejumpa dengan tong sampah.
Jijik sendiri kan ngeliatnya
5. Mesum di tempat umum
Walau pacar lo itu sangat menggoda seperti PEVITA PEARCH masa sih gak bisa nahan hasrat binatang lo itu, setidaknya jangan deh mesum ditempat umum (ditempat mana juga gak boleh sih mesum). Lo bakal kena hukuman masyarakat sampai hukuman polisi. Tahan birahi lo saat ditempat umum dan hindari jalan bareng pacar ditempat gelap dan sepi. Solusi klo masih tetep nekad mau mesum ditempat umum adalah berubahlah menjadi binatang.
Lo kata dunia punya lo berdua yah?

Nah sekarang udah tau dan udah sadar kan banyak hal yang sering kita lihat atau kita lakukan di tempat umum merugikan masyarakat lainnya. Ingat manusia memang meiliki hak dan sering berlindung atas nama hak asasi, tapi apakah kamu akan menuntut hak saat hak orang lain kamu rampas? semoga jadi pembelajaran kita bersama untuk tetib di tempat umum, silahkan lakukan apa yang harus kamu lakukan jika menemukan hal seperti diatas, tapi jangan anarkis yah bro, silahkan juga bagi kawan Ter-Karung yang mau nambahin dikotak komen tuh kita bahas ampe kesel.



Udah dulu yah sampai jumpa nanti.


16 comments:

  1. Itu yang mesum gangerti apa sibapa-bapa nya jones, puftt

    Salam kenal, kak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya bener parah. Ok salam kenal juga :D

      Delete
  2. kabar baiknya, semua yg gak pantas tersebut sudah memiliki tempat khusus. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada lagi gak yang lain? tambahin dong :D

      Delete
  3. Hahahaha..

    Coba deh ke korea.

    Pemandangan itu semuanya "layak" di tempat umum. ㅋㅋㅋㅋㅋㅋ

    Good posting !

    Yang mau berkunjung boleh :
    My Life Journey

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngapain ke Korea, di Indonesia juga masih ada. Urus negara sendiri dulu baru urus negara orang :)

      Delete
  4. Bener nih, harus bisa jaga sikap di depan umum. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Didepan orang tua dan sikap didepan sang pencipta juga harus dijaga. :)

      Delete
    2. Wajib lah. Kan jaga sopan santun. :)

      Delete
  5. Yakelah yang terakhir, mengerikan --'

    ReplyDelete
  6. Untuk yang ngerokok, sopir sama keneknya ngerokok gue bisa apa? Yang ada gue diusir dari bis atau angkot T___________T

    ReplyDelete
    Replies
    1. bayar ongkosnya pake roko, jangan pake uang, asap juga gak apa-apa, semburin aja ke mukanya :P

      Delete
  7. Pipis di tempat umum ga boleh. Bolehnya pipis di WC Umum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anyiirrr cerdas jasa si Arif, bener ih pipis belum, pengalaman maneh mah Rif. :D

      Delete
  8. Kalau yang pertama itu gimana kalau emang genting bgt, anaknya mewek mulu. Hih.
    Kalau yang terakhir itu emang ngerusak bgt. Rusak pemandangan dan moral. #halahapasihini.

    ReplyDelete