Saturday 21 November 2015

Dunia Menurut isi Kepala Si karung Goni

Selamat malam para benih-benih yang sekarang sudah beranjak dewasa. Kalian semua beruntung yah, bisa selamat terlahir di dunia. Bayangkan saudara sebenih kalian yang dibuang sia-sia oleh Ayah. Ada yang berserakan di kasur menjadi belatung, ada yang dibuang di kamar mandi jadi kecebong dan ada yang ketelen masuk ketenggorokan Ibu.
 
Open Mic StandupBSC at X-Corner cafe Ciracas Serang Banten
Wah cuaca malam ini indah yah. Mendung-mendung gimana gitu, diiringin gerimis yang mengundang. Iya mengundang untuk berbuat maksiat.

Apalagi tadi gue liat cewe cantik kehujanan dalam keadaan basah, rambutnya hitam kulitnya putih, BHnya hitam kaosnya putih. Wah nyeplak, mengundang keinginan berbuat maksiat. Jadi pengen nanya juga ke dia, “Neng Bisa Kali...?”

Jangan tanya gue udah makan apa belum malam ini. Tapi tanya apa yang udah gue lakukan untuk dunia ini. Apa? Gak ada.

Ada sebuah pernyataan:

Jika kau ingin mengenal isi dunia, maka bacalah buku. Tapi jika kau ingin dikenal oleh semua isi dunia maka tulislah buku.


Pernyataan itu bohong. Buktinya sampai sekarang masih banyak yang belum kenal gue.

Padahal gue udah pernah nulis satu buku judulnya “Lusi Si Ilusiana –Ilusi Cinta di Serang Banten 1997”. Jangan tepuk tangan ini promosi. Tapi masih aja gue belum terkenal. Gue tau sebabnya kenapa, pasti gara-gara buku gue emang kaga laku.

Tapi Lusi buku gue itu keren. Dia dapet kesempatan promosi di Singapura. Buku gue udah pernah nginjek bandara, naik pesawat terbang, jalan-jalan di Singapur, foto-foto di Universal studio, naik KRL, selfie bareng bule Singapur, lalu dibakar dan dirazam sama warga Singapur. Keren... lah gue sebagai penulisnya sendiri kaga diajak. Dasar buku durhaka. Udah yah promosi bukunya.

Hah, udah hampir 25 tahun gue ada di dunia. Tapi masih belum mau untuk berumah tangga. Masalahnya gue belum siap aja gitu punya rumah isinya cuma tangga, makan malem bareng tangga dan tidur sambil ngelonin tangga. Sumpah gue belum siap. Gue siapnya berkeluarga.

Ngomongin soal keluarga. Gue punya adek cewe, umurnya selisih 10 tahun sama gue. Jadi, waktu umur gue masih 10 tahun dia masih berbentuk cairan yah. Disimpen rapih di kantong kemih bokap gue.

Sekarang adek gue ini sudah beranjak remaja (yang artinya gue semakin tua). Hobinya sekarang sering make baju-baju gue yang udah kekecilan. Tapi, giliran gue yang make kerudung, rok atau lejingnya malah gue yang dimarahin nyokap. Dunia ini memang gak adil.

Selain dunia ini kurang berpihak dengan kaum pria, gue juga heran sama dunia wanita. Entah kenapa yah gue sekarang agak mulai jijik sama cewe yang ngelukis alisnya terlalu tebel. Alisnya dia lukis tebel banget mirip ulet bulu kena penyakit kaki gajah. Tujuannya apa gitu cewe ngelukis alisnya setebel itu. Apa dia mau bikin produsen pensil alis laku keras? Atau mau bikin celana gue mendadak jadi keras?

Belum lagi sama cewe yang tanganya belepotan nail art. Itu loh yang seni lukis kuku.  Jijik tau liatnya. Itu kuku tangan dipake makan ada cetnya bikin sakit perut, dipake cebok ada cetnya nempel ke pantat, dipake coli ada cetnya luntur kemana-mana.

Asal tau aja yah buat cewe-cewe. Cowo itu suka sama cewe yang kukunya belepotan kencur sama kunyit. Tandanya dia suka masak. Jadiah cewe yang pintar di dapur dan di kasur. Saat dia masak dia menghafal rumus fisika, saat mau tidur dia diskusi  soal statistika. Keren...

Sebagai makhluk yang dilahirkan di dunia yang sementara ini, gue pengen banget ngelakuin hal yang mengasikkan. Contohnya saat gue ketemu nenek-nenek tua dipinggir jalan, pengen banget gue samperin itu nenek, terus bilang ke dia “Nek, hidup ini memang keras, ayo semangat, kita balap lari...” dan saat ketemu cewe cantik di pinggir jalan ingin rasanya gue manggil anak kecil yang ada disekitar gue, terus nyuruh dia sambil ngasih uang buat nyamperin itu cewe terus bilang “Neng... Bisa Kali?”

Ok terimakasih gue Dani Maulana.



14 comments: