Saturday 4 January 2020

Cara Memasukkan Lagu Karya Sendiri ke Spotify

Beberapa bulan yang lalu tepatnya di akhir tahun kemarin, saya telah berhasil mewujudkan salah satu mimpi dan keinginan terbesar saya, yaitu merilis lagu atau single ciptaan sendiri. Wah, sungguh ini impian yang sangat sederhana sekali yah. Kenapa saya tidak bermimpi konser di depan ribuan orang saja yah? jika memang benar mimpi itu bisa digapai asal ada keyakinan.

Oke, ceritanya pada awal tahun lalu, saya mencoba menulis lirik lagunya terlebih dahulu. Lalu saya mengajak teman saya yang bernama Thawink untuk membantu membuat aransemen musiknya. Proses pembuatan single itu hanya dilakukan selama satu malam. Iya, saya yakin kami adalah keturunan para pembuat candi yang punya bakat dalam bermusik.

Setelah aransemen musik dibuat, langkah berikutnya adalah mendokumentasikan lagu itu tersebut. Kami memainkan sambil merekamnya lewat handphone saja, itupun dilakukan pada tengah malam, di pinggir sawah yang sunyi. Alasannya sederhana, kami hanya tidak ingin menganggu orang-orang yang sedang mimpi indah. Padahal kenapa tidak sewa studio musik saja sih. Yah namanya juga musisi amatir.

Setelah berhasil merekam lagu itu, tugas saya berikutnya adalah mengedit beberapa suara binatang malam yang tak sengaja terekam. Menghilangkan noise yang masih terdengar oleh rekaman dengan aplikasi bawaan handphone juga. Kalau gak salah nama aplikasinya Lexus Audio Editor. Aplikasi ini ternyata berguna juga untuk recording dan mixing. Silahkan cari sendiri aplikasi lain sesuai kebutuhan yah.

Waktu itu saya hanya menyebarkannya ke media sosial seperti Facebook dan YouTube saja. Saya membuatkan video liriknya. Iya hanya untuk pembuktian kepada dunia. Saya bisa buat lagu sendiri. Sungguh aku tipe orang yang butuh pengakuan.

Sampai akhirnya saya memiliki ide dan juga bisa menemukan cara merilis lagu ke platform digital seperti Spotify, Deezer, Apple Musik, dan Google Musik. Merilis lagu sendiri dan mendistribusikan lewat digital adalah kepuasan kedua setelah berhasil membuat lagu itu sendiri. Kini dunia semakin mudah untuk tau lagu saya. Sungguh benar aku tipe orang yang butuh pengakuan.

Sekarang untuk kawan-kawan pembaca yang punya lagu dan ingin juga merilisnya secara digital bisa menggunakan jasa saya. Ini bukan promosi yah.

Atau yang mau sekadar tanya saja tidak apa-apa kok. Silahkan tulis pertanyaanmu di kolom komentar. Oh iya jangan lupa dengarkan lagu saya yah. 


Karena aku tipe orang yang butuh pengakuan.

0 comments:

Post a Comment